26 April 2013

Kepemimpinan



Kepemimpinan atau leadership merupakan sikap seseorang dalam mengatur, mengendalikan dan mempengaruhi orang atau bawahan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki oleh kelompok atau perusahaan.

Dalam aspek kepemimpinan / leadership terdapat hal hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin / leader yaitu : Ketegasan, Keteladanan dan kekuatan/kekuasaan yang membuat orang yang dipimpin menjadi mengikuti apa yang menjadi visi dan misi pemimpin.

Dalam perusahaan seorang manajer dituntut mempunyai sifat kepemimpinan terhadap bawahannya. Hal ini sangat penting agar perusahaan dapat menjalankan fungsi fungsi yang ada secara efektif sehngga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Kepemimpinan atau leadership mempunyai gaya atau style yang berbeda beda, ada yang bergaya diktator/otoriter ada yang bergaya low profile atau partisipatif dan setiap gaya kepemimpinan akan membawa pengaruh yang berbeda.

Misal, saat ini yang paling disukai masyarakat adalah gaya kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang mempunyai gaya kepempinan partisipatif yaitu terjun ke masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat dan memenuhi apa yang diinginkan masyarakat.

Sementara gaya kepemimpinan wakil gubernur DKI Ahok lebih ke arah otoriter dan sangat arogan, walaupun tujuannya baik, namun gaya yang diterapkan membuat orang sekitarnya menjadi tertekan dan terpaksa mengikuti keinginannya.

Melihat macam macam gaya kepemimpinan yang diterapkan seorang leader adalah merupakan cara atau jalan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam kasus di atas dapat dilihat gaya yang berbeda antara Jokowi dan Ahok namun tujuannya sama.

Dalam konteks leadership dan teori leadership yang berkembang serta pengalaman pemimpin dunia dalam memimpin negara (presiden atau raja) dapat dipelajari dan ditarik kesimpulan, bahwa gaya leadership/kepemimpinan lebih banyak/sangat dipengaruhi oleh latar belakang pribadi masing masing pemimpin.

Dari perjalanan sejarah kepemimpinan dunia bahwa gaya kepemimpinan seorang leader/presiden membawa pengaruh terhadap perubahan dunia. Demikian pula dalam skala yang lebih kecil dalam lingkup perusahaan seorang leader dapat membuat perubahan baik dalam lingkungan sekitar maupun lingkungan dunia. Kita melihat pemimpin Microsoft Bill Gates dengan gaya kepemimpinannya dapat menggiring perusahaan Microsoft melakukan revolusi dunia dalam bidang teknologi informasi.

Demikian gambaran kuatnya kepemimpinan/leadership dalam suatu kelompok maupun kepada kelompok lainnya untuk melakukan perubahan.




Pratama Puguh Pangestu /2KA29 / 15111562

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik, demi masa depan yang lebih baik. . . ^^

 

Followers

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

detiknews

Let's Share Copyright © 2009 Designed by Tamz