07 Agustus 2009

Tips Membersihkan Cybals dengan Abu Rokok


Bagi seorang drummer, pekerjaan membersihkan cymbal itu biasanya menjengkelkan. Belum lagi kalau cymbal sampai berlumut dan berwarna hijau akibat tidak pernah dibersihkan selama berbulan-bulan. Tentu hal tersebut bisa diatasi dengan mengelap cymbal menggunakan cymbal cleaner. Cymbal cleaner ini sangat populer di kalangan para drummer sebagai media untuk membersihkan cymbal berupa cairan (biasanya berbentuk spray). Dengan menyemprotkan cairan cleaner ini, kerak pada cymbal langsung terangkat dan kita harus segera mengelapnya sebelum mengering kembali. Cymbal cleaner bisa dibeli di toko-toko musik seperti atau di galeri musik. Tapi terkadang cymbal cleaner itu bisa dikategorikan dengan barang yang mahal. Apalagi kalau cymbal kita sudah terlanjur lumutan. Bisa-bisa satu botol cymbal cleaner habis untuk membersihkan ride saja. Dan untuk membersihkan cymbal yang sudah berkerak tentu saja akan membutuhkan cymbal cleaner extra.

Maka dari itu, ada alternatif ampuh untuk pengganti cymbal cleaner yaitu dengan abu rokok. Mungkin anda yang membaca artikel ini akan menganggap aneh. Tapi anda bisa buktikan sendiri. Anda tinggal menaruh abu di atas cymbal lalu mengelapnya dengan menggunakan tissue. Sangat mudah bukan ?? Bagi perokok, saya sarankan untuk tidak membuang abu rokoknya ke tempat sampah karena tentu akan sangat berguna sekali untuk membersihkan cymbal anda. Lebih baik anda simpan abu rokok tersebut supaya bisa digunakan untuk pengganti cymbal cleaner. Bagi anda yang ingin mencobanya harap untuk tidak menggunakan abu langsung dari rokok yang sedang menyala karena bara rokok akan merusak cymbal. Jadi gunakanlah abu yang berasal dari asbak.

Cara di atas sudah terbukti ampuh. Cuma ada kekurangannya. Yaitu butuh tenaga ekstra untuk mengelap karena harus ditekan dan harus digosokkan berulang kali. Kalau tidak ditekan, kerak tidak akan menempel di tissue. Selain itu, membersihkan dengan metode ini akan memakan waktu yang sangat lama dan butuh kesabaran yang tinggi. Saya sarankan untuk melakukan metode ini pada hari libur atau waktu luang yang panjang. Walaupun begitu, hasil dari metode abu rokok ini akan lebih baik dari cymbal cleaner karena cymbal cleaner dapat meninggalkan sidik jari pada cymbal bila cymbal tersentuh jari pada keadaan yang belum benar-benar kering. Sedangkan abu rokok tidak meninggalkan sidik jari karena bukan berupa cairan. Abu rokok juga lebih aman karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang biasa menjadi campuran cymbal cleaner yang kemungkinan akan merusak cymbal kita.

Untuk para non-perokok, abu rokok juga bisa digantikan dengan abu gosok yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional. Walaupun saya belum pernah menggantikannya abu rokok dengan abu gosok, tapi keduanya berasal dari bahan yang sama yaitu abu dari tumbuhan yang dibakar.
Selamat Mencoba !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik, demi masa depan yang lebih baik. . . ^^

 

Followers

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

detiknews

Let's Share Copyright © 2009 Designed by Tamz