06 Maret 2012

Manusia dan Budaya


Mau tidak mau, manusia berhubungan sangat erat dengan budaya.  Manusia 'menciptakan' budaya mereka sendiri, jadi mereka sangat mengedepankan, menjunjung tinggi dan bahkan sangat ingin melestarikan budaya mereka. 


Budaya dapat muncul kapan saja. Biasanya dimulai dari suatu kebiasaan, maka muncullah suatu budaya. Semua manusia atau golongan di dunia ini pasti memiliki budaya, mulai dari manusia primitif, sampai manusia modern.


Secara garis besar, di dunia ini ada dua budaya: budaya timur dan budaya barat. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Indonesia menganut budaya timur, budaya yang terkenal dengan kesopanannya. Namun dewasa ini banyak budaya yang muncul di indonesia sudah terpengaruh oleh budaya barat. Seperti clubbing, dugem, seks bebas dan lainnya.


Sebagai manusia yang berbudaya, hendaknya kita menjaga apa yang telah menjadi budaya kita, apa yang telah diturunkan oleh generasi sebelum kita. Tentu kita juga harus bisa memilih dan memilah mana budaya yang bertentangan dengan agama dan kepercayaan kita. Karena terkadang ada budaya yang 'menyimpang' dan menjadikan kita manusia yang tidak 'ber-Tuhan'.





Pratama Puguh Pangestu /1KA27 / 15111562

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik, demi masa depan yang lebih baik. . . ^^

 

Followers

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

detiknews

Let's Share Copyright © 2009 Designed by Tamz