28 Maret 2015

Etika Teknologi Informasi

Etika atau bisa disebut juga etik, berarti norma, nilai, kaidah dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Jadi etika adalah ilmu membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapet dipahami oleh pikiran manusia. Menurut KBBI, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk serta tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).

Etika dalam Teknologi Informasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu sarana yang dapat memudahkan dalam pencarian informasi serta memudahkan pula dalam berkomunikasi. Akan tetapi dalam penggunaannya tetap harus memperhatikan beberapa etika, karena menggunakan TIK pada dasarnya adalah kita berhubungan dengan orang lain. Dan berhubungan dengan orang lain membutuhkan kode etik tertentu. Berikut beberapa etika yang harus diperhatikan dalam penggunaan TIK.
  1. Menggunakan fasilitas TIK untuk melakukan hal yang bermanfaat
  2. Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara illegal.
  3. Tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain untuk masuk ke dalam sebuah sistem. Tidak diperkenankan pula untuk menggunakan user ID orang lain untuk masuk ke sebuah sistem.
  4. Tidak mengganggu dan atau merusak sistem informasi orang lain dengan cara apa pun.
  5. Menggunakan alat pendukung TIK dengan bijaksana dan merawatnya dengan baik.
  6. Tidak menggunakan TIK dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  7. Menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Misalnya, pencantuman url website yang menjadi referensi tulisan kita baik di media cetak atau elektronik
  8. Tetap bersikap sopan dan santun walaupun tidak bertatap muka secara langsung.
  9. Khusus ketika sedang berinteraksi dengan orang lain menggunakan fasilitas nonverbal message systemseperti SMS, chatting, atau e-mail, perlu diperhatikan beberapa etika, diantaranya:
  • Jangan terlalu banyak menggunakan huruf kapital karena biasanya penggunaan huruf kapital dianggap berteriak.

  • Jangan membicarakan orang lain menggunakan e-mail karena bisa saja orang yang menerima e-mail kita menggunakan fasilitas forward yang dapat meneruskan e-mail kita kepada orang yang dibicarakan.

  • Ketika menjawab pesan dari orang lain haruslah realistis dan relevan. Sebagi contoh, tidak menjawab pesan dari orang lain dengan jawaban yang singkat padahal orang tersebut telah menulis pesan yang sangat panjang.

  • J4ngAnt mEnuL1st sp3rTi iNigh, karena sangat tidak enak dibaca dan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Pratama Puguh Pangestu
    Visit Website
    sumber

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Komentar yang baik, demi masa depan yang lebih baik. . . ^^

     

    Followers

    Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

    Recommended Gadget

    • ads
    • ads
    • ads
    • ads

    detiknews

    Let's Share Copyright © 2009 Designed by Tamz