12 April 2012

Manusia dan Keadilan

Menurut Wikipedia, Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut definisinya, memang keadilan dituntut untuk seimbang agar memperoleh kondisi yang ideal dan obyektif. 


Keadilan dibutuhkan manusia sebagai wakil Tuhan di dunia. Memang tidak ada yang bisa seadil Tuhan Yang Maha Adil, tapi jika tidak ada yang menciptakan keadilan didunia, apa yang akan terjadi pada umat manusia? Dunia akan hancur di tangan yang salah!!


Walaupun sudah ada hukum yang mengatur, terkadang keadilan belum bisa ditegakkan dengan maksimal. Selain karena keterbatasan hakim yang juga seorang manusia, ada juga oknum yang mencoba "membeli" hukum. Dan itu yang banyak terjadi di Negeri kita...


Dalam mitologi Yunani, Themis dikenal sebagai titan keadilan. Titan sendiri merupakan penguasa di bumi sebelum para dewa. Nama Themis berarti hukum alam. Yang menarik menurut saya adalah penggambaran sosok Themis ini. Themis digambarkan dengan seorang wanita yang membawa timbangan di tangan kiri dan pedang bermata dua di tangan kanan. Semua benda ini melambangkan keadilan. Terkadang Themis juga digambarkan memakai penutup mata, yang mengartikan bahwa keadilan harus diberikan dengan obyektif dan tanpa pandang bulu.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik, demi masa depan yang lebih baik. . . ^^

 

Followers

Liputan6 - Aktual Tajam dan Terpercaya

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

detiknews

Let's Share Copyright © 2009 Designed by Tamz